Wednesday 28 January 2009

Kekuatan Kesuksesan Adalah Kemampuan Anda Melampaui Sebuah Proses


Apakah anda pernah bercita-cita untuk sukses dalam suatu bidang? Dan anda mati-matian berupaya mengejarnya dan meraihnya. Sukses memiliki definisi yang berbeda-beda, seperti yang diungkap ROY SEMBEL dan DIAH T YOSHIDA bahwa sukses tidak akan mempunyai satu definisi yang khusus karena sukses merupakan sebuah proses perjuangan seorang anak manusia. Andrie Wongso merupakan seorang sukses dunia, yang awalnya juga merintis dari bukan siapa-siapa. Sampai saat ini beliau tetap menjadi acuan bagi masyarakat indonesia sebagai salah satu motivator sukses. Beliau selalu menekankan pentingnya proses dalam setiap impian yang anda raih.


Berikut ini sedikit hal yang harus kita cermati saat menjalankan misi menjadi sukses:

1. Tetapkan target dan fokus
Rancangan atas program tujuan anda adalah penting. Hal ini kadang sering dilupakan, dengan anggapan bahwa seiring berjalannya waktu semua akan baik-baik saja. Memang benar, namun garis besar dan arah apa yang harus anda tuju tetap menjadi nyawa bagi tujuan anda. Seharusnya sebelum mengawali langkah, tulislah tujuan anda kedalam buku goal hidup anda, bahwa hal tersebut adalah cita-cita yang harus anda dapatkan.

2. Yakini jalan yang benar selalu mendatangkan kesuksesan yang lebih panjang
Umumnya manusia akan melakukan segala cara untuk mendapatkan segala apa yang diharapkan. Ketika anda memutuskan jalan yang anda tempuh, maka pastikan apakah ini tujuan jangka panjang anda, atau hanya jangka pendek saja. Yakini apa yang anda raih nanti adalah benar-benar kesuksesan anda yang direstui Tuhan dan orang-orang tersayang anda. Maka lakukan sesuai dengan prosedur yang seharusnya dilampaui manusia sukse, yakni kerja keras dan konsisten.

3. Agendakan secara detail apa yang harus anda lakukan untuk mengejar tujuan anda
Ini tidak wajib, tetapi tak ada salahnya anda menuliskan apa yang harus anda lakukan untuk meraih hal tujuan anda. Menuliskan secara detail apa yang harusnya anda lakukan dapat mengurangi setidaknya 10% otak anda untuk bekerja keras memikirkan langkah anda saat mulai mengaami kegagalan. Selain itu catatan tersebut akan sangat berarti ketika anda telah mengalami kesuksesan, anda akan mengingat apa saja yang telah anda laukan dan korbankan demi mencapai semuanya ini.

4. Jangan terlalu mengejar, namun jangan pula diam di tempat tanpa anda sadari
Tidak ada sesuatu yang sempurna, begitu pula impian anda. Ada kalanya impian anda terasa tidak baik bagi anda, maka alam yang akan membawanya menuju pada arah lain namun tetap pada fokus impian anda. Berlarilah konstan dengan tetap manambah kecepatan sesuai porsinya, namun jangan berlari konstan yang tanpa anda sadari tak ada perubahan berarti dalam langkah-langkah anda tersebut.

5. Hidupkan suasana semangat dalam tiap hari-hari anda
Konsistensi sangat penting bagi pencapaian tujuan anda. Tak ada perubahan tanpa ada konsistensi. Hal instan hanya akan anda nikmati secara instan pula, namun konsistensi akan akan anda nikmati lebih lama. Penting untuk selalu merasa bahwa apa yang anda lakukan saat ini merupakan gairah hidup anda, bukankah tujuan hidup senantiasa membawa gairah hidup.

6. Belajarlah dari orang besar (pakar) namun jangan lupakan orang yang isedang belajar pada anda
Anda merasa anda sedang dalam perjalanan mencapai tujuan hidup anda, sehingga anda hanya perlu belajar dari orang besar sebagai panutan anda. Biasanya anda akan meninggalkan orang-orang yang juga sedang belajar meraih kesuksesan pada anda. Berkomunikasilah dengan hanya pada tokoh besar, karena kadang yang anda anggap kecil justru mampu melampaui cara berlari anda dan mencapai finish kesuksesan terlabih dahulu.

7. Evaluasilah segala kemajuan bahkan kesalahan yang anda lakukan
Tulislah secara lengkap hasil evaluasi terhadap langkah anda. Jika anda menganggap ini rahasia, maka simpanlah sendiri hasil tersebut. Tuliskan detail apa yang telah anda capai dan kesalahan apa yang telah anda lakukan. Dan berikan evaluasi pribadi ata hasil kerja anda ini.

8. Jika memang telah cukup, maka yakinkan bahwa ini telah melampaui target anda
Rejeki telah diatur, jika memang bukan hak anda namun anda ingin memilikinya, maka semua akan kembali pada yang berhak sesuai jalan ala. Yakini apa yang telah anda raih bahkan telah melampaui target anda. Menurut pengalaman, hal ini justru akan memberikan bonus-bonus kesuksesan bagi anda selanjutnya.Karena kadang kala saat kita merasa kurang, maka anda akan merasa tak ada artinya berusaha sampai sejauh ini.

9. Syukuri apa yang telah anda raih saat berhasil meraihnya
Biasakanlah menerima semua yang telah anda raih dengan rasa terima kasih. Maka anda akan selalu siap mengejar tujuan-tujuan hidup anda selanjutnya.


Mungkin ini sekedara hal kecil yang bisa anda gunakan dalam meraih tujuan dan cita-cita anda. Karena saya yakin setiap manusia memiliki cita-cita sekalipun itu hanya untuk menjalani hidup. Sesederhana apapun dan sebagus apa impian anda, anda sendiri yang harus sepenuh hati meraihnya, bukan orang lain dan bukan mengatasnamakan orang lain.

12 comments:

  1. artikel yang luar biasa, memang sukses adalah pilihan, dan pilihan kita juga yang menghantarkan apakah kita mau atau tidak untuk melalui dan melampaui prosesnya, sukses untuk anda

    ReplyDelete
  2. Proses memang inti dari sebuah perjalanan yang harus dilalui dengan kesabaran. Apalagi saya yang masih Newbie T_T

    ReplyDelete
  3. tips bagus,.....!!!! boleh copas????

    ReplyDelete
  4. Sukses, kata yang setiap orang ingin menggapainya.
    tips yang bagus, yang jelas jadilah Motivator bagi diri sendiri.
    sukses selalu ya..

    ReplyDelete
  5. banget yu postingannya...jadi bersemangat lagi deh aku setelah baca neh postingan...

    ReplyDelete
  6. tetap semangat.. karena semangat untuk sukses akan mengalahkan segalanya.

    ReplyDelete
  7. hanya bisa memberikan ucapan sukses selalu untuk anda dan sya sendiri .. hehehe

    ReplyDelete
  8. @alie:saya yakin anda bisa melalui prosesnya :)
    @blogamator:semangat, karena kesabaran selalu memberikan kesuksesan :)
    @sampara:mari bersemangat :D
    @brigadista:silakan mas, jangan lupa sertakan sumber dan linknya :)
    @muzaifa:sukses juga akan selalu buat anda juga :)

    ReplyDelete
  9. @ilham:terima kasih :)
    @bintang: ayow mbak semangat selalu yah, sukses buat mbak juga :D
    @penny:salam sukses di perantauan yah mbak :)
    @ocim:sukses selalu buat mas ocim juga :)

    ReplyDelete
  10. aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaamin..............

    ReplyDelete