Friday 16 January 2009

Bagi yang Memiliki Kelainan Ginjal, Jangan Lagi Mengkonsumsi Kopi

Menderita suatu penyakit memang tak enak. Selain tak bebas beraktivitas, juga harus pintar-pintar memilih pola makan seimbang agar tak memperparah kondisi penyakit. Nah, begitu juga dengan Anda yang memiliki riwayat kelainan ginjal. Menurut para ahli, mereka yang memiliki masalah dengan ginjal sebaiknya tak mengkonsumsi kopi.

Kafein yang terkandung pada kopi bisa memperburuk kelainan ginjal. Karena itu penggemar kopi yang berkemungkinan mengalami kelainan ginjal perlu mengurangi kegemarannya tersebut. Begitu kesimpulan dari penelitian yang dilakukan Dr. Jared J. Grantham dan rekan dari University of Kansas Medical Center di Kansas City, AS.

Dalam penelitiannya, Grantham menemukan, saat sel yang diekstraksikan dari pasien dengan autosomal dominant polycystic kidney disease (ADPKD) dipaparkan pada kefein, hasilnya adalah peningkatan senyawa kimia yang memperparah penyakit. Rincinya, paparan kafein ternyata menyebabkan tingginya tingkat kandungan yang disebut cyclic AMP (cAMP), yang merangsang tumbuhnya kista.

ADPKD adalah bentuk umum gangguan ginjal, dimana pasien memiliki risiko untuk terus mengalami peningkatan kista di dalam ginjal mereka. Kista adalah kantung-kantung berisi air yang mula-mula kecil, kemudian bisa membesar hingga sebesar anggur. Dalam berbagai kasus, jumlah kista bisa melebihi jaringan normal dan pasien perlu memperoleh transplantasi.

www.astaga.com

No comments:

Post a Comment