Film "Keramat", ketidaksengajaan yang berbuntut horor

Pernah ingat dengan film "Cloverfield" (2008) produksi Hollywood? Di film itu, sekelompok pemuda tengah mendokumentasikan perpisahan rekannya sebelum akhirnya monster besar datang mengguncang.

Nah, di film "Keramat" kurang lebih anglenya sama. Sekelompok muda-mudi berkunjung ke Yogyakarta untuk penggarapan sebuah film. Hanya saja disini, kamera mengikuti untuk dijadikan dokumentasi behind the scene.

Film dibuka dengan layar yang masih hitam. Hanya sedikit suara grasak-grusuk, yang kemudian muncul gambar pertama, seorang gadis berambut pendek dengan senyum manis yang hendak andil dalam sebuah film bertajuk "Menari di Atas Angin".

Gadis itu bernama Migi (Migi Parahita) dan pemegang kamera bernama Poppy (Poppy Sovia). Nantinya, Migi akan berpasangan dengan Diaz (Diaz Ardiawan), pemeran utama laki-laki.

Namanya juga dokumentasi, jadi tak ada adegan apapun di film tersebut. Benar-benar layaknya sebuah dokumentasi disertai perilaku sutradara perempuan yang galak bernama Mia (Miea Kusuma), asisten sutradara Sadha (Sadha Triyudha), unit produksi Brama (Brama Sutasara), dan line producer Dimas (Dimas Projosujadi).

Hingga suatu ketika Mia kesurupan. Merasa memerlukan bantuan, maka rekan-rekannya memanggil seorang paranormal yang bisa bicara dengan seorang perempuan ningrat Jawa yang sangat kemayu. Perempuan itu berpesan bahwa dirinya sayang dengan Migi, namun alam tengah marah karena dirusak manusia. Hal itu pulalah yang menjadi petunjuk tentang gempa bumi di Yogyakarta beberapa tahun lalu.

Disutradarai Monty Tiwa, Anda dibawa untuk mengikuti apa yang dirasakan para pemain film. Bagaimana seluruh pemain justru masuk ke dalam dunia lain dan harus berusaha keras keluar dari dunia itu sebelum matahari terbit. Jika tidak, maka mereka semua akan terjebak di dalamnya.

Kepiawaian Monty sebagai sutradara mungkin sudah tak diragukan lagi, namun di filmnya kali ini ia benar-benar membawanya lebih hidup dengan satu buah kamera dengan pengambilan sudut yang berbeda.

Secara keseluruhan, film ini memang bergenre horor, dan nuansa horor itu lebih mengarah pada mistik di mana untuk masyarakat Jawa masih banyak publik yang mempercayai hal kecil. Seperti suara tangisan di malam hari, ada penunggu hutan yang berwujud perempuan cantik dengan para pengawalnya.

Nuansa kota Yogyakarta, Candi Boko, Pantai Parangtritis serta Gunung Merapi menjadi latar belakang film. Mungkin Anda akan sedikit bingung dengan banyaknya loncatan film, tapi paling tidak kengerian serta ketakutan yang dialami pemain bisa juga Anda rasakan.

Nah, penasaran dengan film "Keramat" ini? Sabar dulu ya, karena akan segera hadir di bioskop-bioskop kota anda

48 comments:

  1. poppy sovia itu kakak kelas gw waktu SMA ..

    ReplyDelete
  2. GW MAU LIAT CERITA KISAH NYATANYA DONG..SERU BANGET FILMNYA.GW GAK BOSEN NONTONNYA.
    =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mw tanyak ,, Film keramat yang 2009 , itu asli apa gk???

      Delete
  3. keren emang nih film,saya biasanya g suka horor Indonesia yang 99,99% terlalu kentara dibuat2nya,tapi Film KERAMAT asli seperti nyata.

    ReplyDelete
  4. aku ud ntooon,, wii serru aku suka bgd film horor ky bgini GAG MURAHAN N KKEEERRREEENNNN

    migi,, rambut loe kerenn ..
    sadha.. ganteng bgd seh kamuu heee..

    ReplyDelete
  5. eh jd ini bukan film asli yah ( maksud gw film yg ga sengaja di buat) jd film ini menceritakan kembali kisah nyata yah... saya kira beneran ternyata dibuat tp di setting.

    ReplyDelete
  6. wah filmnya keren............
    pengen liat lagiiiii........

    ReplyDelete
  7. wuuuuaaaa...i like this movie...better...trust me..!!!

    ReplyDelete
  8. wah,, tadi gw nonton .... kirain video beneran...... oooo ternyata cuma film biasa to..... hehehehhe

    ReplyDelete
  9. filmnya bikin orang kaget...!! filmnya bagus... keren,, adegannya kayak gag dibuat......!!

    ReplyDelete
  10. keRem banget daH niE FiLm..
    seMua jempoL gUe bUat fiLm ini daH... :D

    ReplyDelete
  11. Filmnya akeren banget, gua kebawa arus pemainnya sampek..

    ReplyDelete
  12. hahahii., aku baru aja selesai lihat nih., bagus bgt filmnya. aku aja sampe penasaran, ini ilustrasinya? atau udah aslinya? wah.., kalo ini masih ilustrasi nih, berarti aslinya tambah keren. hehe.., salam kenal ya.., visit aku yaa.,
    http://phiendpuz.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. keren banget filemnya, ini yang di namakan kreativitas TOP!cayo generasi muda buat yang lebih bagus lg, n jgn lp tetap jaga alam qt agar tetap lestari seperti pesan yang di sampaikan oleh film ini, cayooo!

    ReplyDelete
  14. ternyata aku tertipu habis.......!!! asli bagusnya

    ReplyDelete
  15. gue kirain itu cerita yata dtb kt orang tp stlh gue lihat sendiri komen nya ternyata ini hanya tipuan to he he he tp gue kaget abis pas liat komen nya pinter banget ya produksen nya sampai gue gak percaya kalau film ini hanya tipuan bagus bagus bagus he he he.............

    ReplyDelete
  16. bagusssss film'a.... kirain beneran smpe nyangka sang sutradara monti tiwa udh jd korban di film ne.
    hehehhehe....

    ReplyDelete
  17. ya amphun nheii gg nyata ??? gw kira'in bneran.. smpah film nha asyikk,,,kerenz... bguus bngettd dc pkok nha...
    top dc buat film nheii

    ReplyDelete
  18. aku pngen lihat,,,
    penasaran aku!!!!

    ReplyDelete
  19. film indonesia terhoror yang pernah gw lihat
    top banget deh..

    ReplyDelete
  20. td'y w pkir bneran..
    eh pas diliat2 qo ada kganjilan,eh trnyata bner klo tu yg reka ulang'y....

    ReplyDelete
  21. que suka film ini, jrang loh film horor yang kelihatan asli, alx banyak bo,ongx,,,

    hehhehehe

    ReplyDelete
  22. Bagi yg masih penasaran mending ke jogja saja rumah saya dekat candi boko

    ReplyDelete
  23. wow gw baru nonton nih film,oke jg.....
    shada klo gw liat2 11 12 dah ama gw....

    ReplyDelete
  24. aku bingung deh.....,ini film, di ambil dari kisah nyata,atau emang fiksi sih?????

    ReplyDelete
  25. film yang menggunakan pengambilan gambar sudut pandang subjektif ya?

    ReplyDelete
  26. film ini berdasar kisah nyata, denger" cerita dari orang jogja asli sebenarnya ada rekaman yang asli namun disimpan di kraton entah untuk tujuan apa...katanya sih jauh lebh ngeri dari film ini

    ReplyDelete
    Replies

    1. wah,.keren ya klo bisa ngeliat langsung

      Delete
    2. wah keren pastinya klo bisa nnton yg versi aslinya tuh

      Delete
  27. gwa sendiri sekarang msh penasaran dgn kejadian trsbt, sbnr y itu org y hilang bnran apa gk sie, sampe" ada koran yang munculin kaya gthu.

    ReplyDelete
  28. bener tuh kata febri ... ini kisah nyata ,,, tapi alangkah baiknya kita ga usah cari tau asli nya bagaimana ato seperti apa ... saya mengerti betul penyebabnya sultan kami merahasiakan ke asli an dari video ini yakni untuk menghindari hal2 yang ga di inginkan ... jadi nikmati aja film nya ,,, video asli cukup di simpan saja , tak perlu di publikasi kan ... trims :D

    ReplyDelete
  29. betul sekali pendapat saudara febri di atas ... video asli dari film ini memang ada , namun alangkah baiknya tidak di publikasikan ...
    guna menghindari hal2 yang tidak di inginkan ... karena kalian tau sendiri kan di negara ini terlalu rentan jika membicarakan hal yang seperti ini ....
    jadi lebih baik menikmati filmnya saja ... tak perlu mencari tau video aslinya seperti apa ...


    ReplyDelete
  30. Amrih saenipun mboten ditayangaken, meniko sampun dados arsip wonten keraton Hadiningrat Ngajogjakarto.. Sak meniko ceritanipun leres lan mboten apus2an, film meniko sampun dipun setting kalihan mas sutradara, dados sampun direka ulang. Matur nuwun sampun njagi kebudayaan Ngajogjakarto lan alamipun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya katanya memang ada versi aslinya, dan hanya orang2 tertentu yang boleh menonton

      Delete
  31. Kak minta alamat linkx donk..
    mau liat film keramat nih..

    ReplyDelete