Sunday 23 August 2009

Kenapa Kata Pertama Bayi Mama dan Papa??

Kata pertama yang diucapkan bayi seringkali adalah kata 'mama' dan 'papa'. Bagi orang dewasa hal itu bukan suatu keanehan, sehingga hampir tidak terlintas pertanyaan mengapa dua kata itu yang menjadi kata pertama yang selalu diucapkan manusia mungil ini untuk pertama kalinya.

Para ahli dari Universitas British Columbia mengungkap misteri tersebut. Rahasianya terletak pada silabel atau suku kata yang berulang. Studi melibatkan bayi yang baru lahir, berusia antara 2 hingga 3 hari. Saat bayi mendengar suku kata yang berulang, aktivitas otak mereka meningkat pada zona yang bertugas untuk memberi perhatian, berpikir, mendengar, dan fungsi berbicara.

Seperti dikutip dari Genius Beauty, ibarat berbicara, kata-kata yang lebih kompleks masuk ke satu telinga dan keluar ke telinga lain, dan tidak menimbulkan respon pada otak bayi.

Eksperimen ini secara meyakinkan menjelaskan kenapa bayi-bayi di seluruh dunia hampir semua berbicara dalam bahasa yang sama. Kata 'mama', 'papa', 'dada' adalah kata paling sederhana bagi mereka untuk dimengerti dan diucapkan.

www.vivanews.com

2 comments: