Monday, 26 January 2009

Tahun Kerbau Nih sekarang, Tahunnya Kerja Keras


Tahun 2009 ini tahun kerbau lho. Untuk beberapa orang yang percaya pada hal-hal berbau zodiak dan ramalan sejenisnya, pasti sangat hapal dengan karakteristik tiap-tiap shio. Bahkan malah sampai dengan ramalan dalam segala kondisi juga kan. Lebih-lebih peramalan shio ini sedang menjadi tren bagi para pelaku bisnis. Karena mayoritas pebisnis Indonesia masih didominasi warga tionghoa yang memegang teguh budaya meramal lewat shio ini. Menurut ini sih, sesuai dengan karakter kerbau, tahun ini merupakan tahun yang paling tepat untuk bekerja keras, menyelesaikan tugas dan mendisiplinkan diri. Tidak ada kesempatan untuk bermalas-malasan. Kesuksesan dicapai melalui rajin bekerja dan usaha yang sungguh-sungguh. Dimulai dengan mengurutkan urusan Anda, terutama untuk rumah Anda. Pakailah selalu metode yang sudah pernah dicoba dan terbukti hasilnya, bertindak hati-hati dan lakukan yang telah menjadi rutinitas.

Nah untuk Anda-anda yang merasa saat ini sedang mengalami fase malas bekerja dan berbuat apa-apa, cobalah untuk lebih memikirkan apa yang akan anda lakukan di tahun ini. Segera agendakan apa yang akan anda benahi dan fokuskan untuk menjadikan usaha anda saat ini lebih berpotensial (buat yang bisnis loh, hehe ...). Berikut ada sedikit tips dari saya untuk membangkitkan kembali gairah anda di tahun ini:


1. Sediakan sedikit waktu setidaknya 1 jam saja untuk menuliskan segala hal yang ingin Anda capai di tahun ini. Tulislah dahulu semua hal yang ada dalam pikiran anda dan apa yang sempat tertunda di tahun kemarin. Untuk memudahkan bisa anda tulis terlebih dahulu menggunakan nomor yang urut.


2. Lalu tuliskan di sebelah kanan dari tiap item agenda tadi, apa usaha yang harus anda lakukan unutk mencapainya. Pertegas langkah tersebut dengan menuliskan usaha, biaya, tanggal deadline, terserah anda.


3. Tuliskan di lembar kertas lain 3 tabel dengan urutan sebagai berikut, yakni: Prioritas (1), Lakukan (2), Pikirkan Lagi (3).


4. Tuliskan kode dari lembar kedua tersebut kepada daftar proyek anda tadi. Jadi daftar proyek yang anda tuliskan tadi bisa di kategorikan sesuai kepentingan pengerjaannya. Urutkan mulai prioritas (1) sebagai urutana proyek mendesak. Urutan yang anda lakukan namun sifatnya umum dan tidak terlalu wajib dikerjakan ke urutan (2). Urutan (3) merupakan proyek yang harus anda pikirkan kembali, dan anda pertimbangkan sebelum benar-benar matang untuk dilaksanakan.


5. Tuliskan kembali daftar proyek dari lembar pertama tadi, dan masukkan ke dalam lembar ke-dua berupa tabel yang telah diurutkan tadi. Namun tuliskan sau persatu urut dari proyek yang hsrus dikerjakan terlebih dahulu, selanjutnya proyek-poyek lain.


Tips berikut hanya merupakan kegiatan sederhana, namun jika anda lakukan setidaknya bisa meringankan beban anda yang hari ke hari tidak merasa fokus terhadap tugas dan apa yang anda lakukan esok. Selamat mencoba


29 comments:

  1. wew saya mah selalu keras-kerja biar g tahun kerbau juga untuk mendulang sukses lebih banyak,
    Post yang keren

    ReplyDelete
  2. @lafa:kerja keras kok di dulang laf, lah emang mau makan di dulang hehe :P :P

    ReplyDelete
  3. benar tahun ini akan menjadi yang penuh dengan kerja keras maksudnya lebih keras lagi daripada sebelumnya. karena tampak dari kondisi ekonomi yang semakin buruk, dan semakin sulitnya kehidupan. :)

    ReplyDelete
  4. kok dari ke 4 tadi cuma disuruh menuliskan melulu, kapan kerjanya??.. hehehe....

    ReplyDelete
  5. @zener:bener nih mas sukra, ndak boleh males yah pokoknya :)
    @dedi: kerjain sekarang hayo ded :D

    ReplyDelete
  6. hidup itu harus punya 4 kartu AS:

    1. kerja keras
    2.kerja cerdas
    3. kerja ikhlas
    4. kerja tuntas

    kalo mo di tambah boleh..bebas ko.. hehe

    ReplyDelete
  7. hmm, emang tahun yang butuh kerja keras.. n tipsnya.. boleh dicoba tu.. kliatannya menarik.. hhe.. ok d, mbak.. sukses aja buat taon ini!

    ReplyDelete
  8. mt tlg bantu info buat blog 3 kolom ya..plz

    ReplyDelete
  9. @abiagi: wah sip mas 4 kartunya :) sukses selalu yah :)
    @musse: iya dek, coba aja, nggak ada salahnya kan :)

    ReplyDelete
  10. salam kenal, Guestbooknya bagus. Pake feed comment ya? viewnya

    ReplyDelete
  11. Ayu.., emang kalo bukan tahun kerbau orang2 pada nggak kerja keras...? kayaknya mau tahun binatang apa juga semua orang harus kerja keras deh kayaknya.....menurut aku lho...? nice post lady

    ReplyDelete
  12. @asa:hihihi .... iya asa bener deh, nggak ngaruh kali yah mau taun kerbau atau tokek hehe :D

    ReplyDelete
  13. kunjungan malam. Lagi Jaga malam, gak boleh tidur, barusan ada pasien kepalanya robek, pecah

    ReplyDelete
  14. walaupun tahun ini serba susah, kita harus tetep semangat ya !!!
    Kerja keras, kerja giat ok

    ReplyDelete
  15. kalo aku ga tunggu ntahun kebo... bisa kelaparan nih

    ReplyDelete
  16. Kerja keras adalah energi kita, energi kita adalah kerja keras, meski kadang kerja keras membuat kita kehabisan energi, namun tak bisa di pungkiri dari kerja keras kita bisa bisa makan dan menambah energi kita untuk bekerja keras. Lah.... jadi spam.. bolak-balik tak ada habisnya... hehehehe...

    ReplyDelete