Friday 20 June 2014

Gini Ini Reaksi Minuman Cola Kalau Bertemu Dengan Susu

Pernah nggak jaman sekolah dulu iseng-iseng di Lab. kimia bawa CocaCo*la buat percobaan reaksi kimia? Coba campur Coca tersebut dengan salah satu obat flu, dan apa yang terjadi, coca pasti akan membludak kan?

Nah kalau minuman soda dicampur dengan susu, masih bisa jadi soda gembira kan. Minum cola dicampur dengan es krim, bisa jadi cola float. Kalau yang ini adalah salah satu percobaan susu dengan cola dan hasilnya sangat mengejutkan.

Minuman ringan dan minuman dengan kadar pemanis tinggi memang tidak sebaiknya dikonsumsi setiap hari. Namun sebuah eksperimen menunjukkan sesuatu yang mungkin akan mengejutkan dan berpikir beberapa kali untuk mengonsumsi minuman ringan jenis cola.

Sediakan 3 (tiga) sendok makan susu cair dan sebotol cola. Masukkan susu tersebut ke dalam botol cola, tutup rapat. Biarkan beberapa jam (sekitar 6 jam) dan Anda akan melihat bahwa cola tersebut berubah warna.


Dari gambar di atas kelihatan bagian atas minuman cola akan berubah menggumpal dan keruh seperti air kotor. Air cola pun menjadi lebih bening, tapi warnanya kuning keruh keemasan. Sementara di bagian bawahnya muncul endapan-endapan yang warnanya tidak enak dilihat.

Reaksi kimia ini terjadi karena adanya protein dalam susu yang bertemu dengan sifat asam pada cola. Dalam percobaan ini, mengingatkan kita bahwa bagian dalam tubuh kita juga tersusun dari protein. Meski tidak langsung berdampak seperti yang terjadi pada susu tersebut, namun setidaknya kita bisa melihat bahwa minuman ini bisa menimbulkan efek tertentu saat dikonsumsi dan masuk pencernaan manusia.

Jadi buat kalian para penggemar minuman manis, minuman ringan, minuman kemasan hingga minuman bersoda, sebaiknya batasi konsumsi minuman ini supaya nggak menimbulkan problem kesehatan buat tubuh.


sumber: www.distractify.com

5 comments: