Tuesday, 24 June 2014

6 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Menstruasi (Haid)

Perut terasa kembung dan bengkak pas menstruasi? Tenang aja, itu termasuk kondisi normal kok.  Secara medis, penyebabnya bisa jadi akibat ketidakseimbangan hormon. Hal ini mengakibatkan retensi cairan dan natrium. Untuk mengatasi retensi cairan dan natrium, sebaiknya kita membatasi konsumsi garam dan meningkatkan konsumsi kalsium dan magnesium.

Jumlah natrium dalam tubuh akan menentukan tingkat cairan. Dengan konsumsi garam terlalu banyak, ginjal bakal kesulitan membuang kelebihan garam, sehingga terjadi penahanan cairan yang bisa menimbulkan rasa mual yang bermula dari ketidakseimbangan hormon tadi.

Ketidakseimbangan hormon ketika datang bulan menyebabkan terjadinya perubahan pada fisik maupun psikis. Selain menyebabkan perut mual, juga membuat payudara mengalami pembengkakan, dan emosi menjadi tak stabil.

Buat beberapa wanita, saat mens bisa mengalami kram, kembung, mual, dan sakit kepala. Nah berikut ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi untuk wanita haid:

1. Kafein
Hindari segala jenis minuman berkafein. Jika dikonsumsi, pembuluh darah akan menyempit dan tubuh juga mengalami dehidrasi yang mengakibatkan sakit kepala dan merasa lebih gugup.

2. Makanan berkadar gula tinggi
Permen dan soda adalah jenis makanan yang nggak boleh dikonsumsi terlalu banyak, terutama selama periode menstruasi. Sebab, jenis makanan tersebut dapat menyebabkan kadar gula dalam darah melonjak dan mempengaruhi tingkat emosi, sehingga lebih mudah tersinggung dan merasa lesu.

3. Makanan yang dipanggang
Salah satu cara terbaik untuk mengurangi rasa kram dan nyeri selama menstruasi adalah dengan tidak mengonsumsi jenis makanan panggang. Kenapa? Karena di dalam makanan panggang terkandung lemak trans dalam jumlah yang besar. Kandungan itu dapat meningkatkan kadar estrogen yang akan membuat rahim mengalami kram dan terasa sakit.

4. Makanan olahan
Makanan kaleng jadi salah satu jenis makanan olahan yang harus dihindari ketika menstruasi. Sebab, di dalamnya selalu ada kandungan sodium dan natrium yang dapat menyebabkan terjadinya retensi air dan membuat tubuh membengkak.

5. Biji olahan
Pasta, nasi putih, dan roti adalah hasil dari gandum yang telah diolah. Setelah menjalani pengolahan, hampir semua kandungan nutrisi yang ada di dalamnya hilang. Akibatnya, kadar gula darah kita menjadi tidak stabil dan dapat menyebabkan Anda mengalami kram saat menstruasi.

6. Makanan yang digoreng
Semua jenis makanan yang telah digoreng terlebih dahulu memiliki kadar lemak dan minyak yang tinggi. Hal itu akan menyebabkan kadar estrogen dalam tubuh mengalami peningkatan. Oleh karena itu, makanan seperti kentang goreng, ayam goreng, onion ring, dan sebagainya, harus dihindari. Dengan begitu, kondisi rahim jadi lebih stabil, risiko kram dan nyeri pun dapat diminimalisir. 

sumber: http://health.liputan6.com

12 comments:

  1. Wah.. pantas perut saya selalu mbleber tiap kali menstruasi *berasa gendut kaaan* ternyata itu wajar toh.
    trus jadi bingung, terus kalo mens makan apa? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jeng, aku juga peru dan paha... arrgghhh berasa banget deh. Sama pas masa subur juga berasa tambah lemak meluber kemana2 wkwkw

      Delete
  2. nah lo, Ishmah baru tahu ini *duh :D
    tapi alhamdulillah ishma jarang akit-sakit kalau lagi dapet gituh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya non aku jarang sakit kok, cuma badan ngilu semua, eh ternyata kafein nggak bagus buat mens juga. Baru tahu

      Delete
  3. Wah, banyak juga ya makanan yang harus dihindari. Bahkan nasi putih juga.. Terus makan apa ya, mie gitu ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nasinya nggo boleh banyak jeng, lagian berasa kenyang juga ndak nyaman hehe

      Delete
  4. Kalau aku sih gak pernah ngerasa kembung kalau lagi mens. Tapi berasa meledak-ledak. Ada yang lucu dikit aja langsung ketawa, ada yang sedih dikit langsung sniff sniff, hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti pengaruh mens ke emosi kita ya mbak :D

      Delete
  5. Wah...kalau saya semua dibabat habis mbak...saat mens maupun tidak. Impactnya bobot nambah...he..he..he...semoga puasanya ini lebih terkontrol...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak sampai dibabat habis mbak Yuni, mungkin maksdnya dimakan beberapa yang mengandung makanan tersebut :)

      Delete
  6. Saya juga suka sakit mbak kalau M hari peetama, konon katanya nggak boleh minum es juga mbaj, gimana tuh mwnurut mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minum es bikin sebenernya gpp say, cuma kalau kebanyakan nanti darah haid takut mnggumpal n peredaran darah ga lancar. gitu menurutku hehe

      Delete