Wednesday 4 March 2009

Teknik Menjalani Wawancara Kerja

Untuk menundukkan Pewawancara, maka anda harus tau tekhnik-tekhnik yang biasa digunakan dalam mewawancarai sorang calon karyawan.
Ini aku bocorin tekhnik yang biasa dipakai …

Pada dasarnya ada dua jenis teknik pertanyaan berdasarkan sifatnya …

* Yang pertama bersifat Factual/past experience/sejarah/yang telah terjadi
* Yang kedua bersifat What If atau Opini, komentar, ide mengenai sesuatu hal

Nah jika kita sudah tau systim cara bertanyannya … lalu apa yang harus kita lakukan sebagai pesakitan (alias) seorang calon karyawan yang diwawancara … untuk menjawab semua pertanyaan tersebut …

Untuk yang bersifat Factual :
Contohnya : “Tolong ceritakan pada saya situasi dimana anda dihadapkan pada suatu pilihan yang sulit untuk diputuskan ?” atau “Anda pernah berbeda pendapat dengan orang lain ? tolong ceritain dong ? dst

Jawab dengan spesifik dan jujur. Dan gunakan struktur :

* Gambaran Kapan dan Situasi apa yang anda hadapi,
* Apa yang anda lakukan waktu itu dan
* Bagaimana Hasilnya …

-

Untuk yang bersifat What If ? atau Opini ?
Contohnya banyak … antara lain :

* Apa yang anda lakukan jika ternyata anda menemukan telah terjadi penyelewengan dana dan anda diperintah untuk tutup mulut …?
* Jika anda tiba-tiba saja diangkat menjadi Ketua Panitia Program Pemilihan Sopir Truk teladan … ? apa yang anda lakukan ?
* Apa komentar anda tentang nasib TKI di Luar Negeri ?
* dsb

Ingat there’s no right or wrong answer.
Yang ada adalah …

* “Smart” answer and a “dodol” one
* There’s “Lies” and there’s “Truth”
* Straight answer and “mbulet” answer …

Anda diminta untuk mengemukakan jalan fikiran anda, dengan cara yang baik dan terstruktur. Gunakan bahasa yang dimengerti oleh Interviewer

Beberapa Hal yang harus anda perhatikan :…

* Dengarkan pertanyaan dengan seksama – jika tidak jelas tanya kembali.
* Jangan tergesa-gesa. Bila perlu minta waktu 1 – 2 menit untuk berfikir.
* Jangan potong pertanyaan … !
* Jika tidak tau ? katakan tidak tau … jangan sok tau
* Interviewer yang ahli akan bisa melihat jika anda berbohong
* To the point jangan “plintat – plintut”

http://theordinarytrainer.wordpress.com

10 comments:

  1. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    ReplyDelete
  2. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    ReplyDelete
  4. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    ReplyDelete
  5. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    ReplyDelete
  6. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    ReplyDelete
  7. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  8. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  9. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    ReplyDelete
  10. Waaaah perlu dipelajari...!
    salam kenal dan semoga sukses :)
    informasi yang sangat bermanfaat.

    ReplyDelete