Sunday 15 March 2009

bagaimana memulai sebuah usaha

Saat ini masih banyak orang yang bingung bagaimana memulai sebuah usaha. Memilihnya bingung, begitu sudah memilih tidak tahu bagaimana menjalankannya.

Nah, jika anda mengalami masalah-masalah diatas, sebenarnya sudah banyak cara yang bisa membantu anda memecahkannya. Beberapa tips berikut mungkin bisa membantu anda untuk menemukan jawabannya.

1. Bertanya kepada orang dekat
Salah satu sumber informasi yang dapat dipercaya buat kita adalah orang terdekat. Mereka bisa pasangan, kakak, adik, saudara atau kenalan yang anda percaya.
Anda bisa bertanya meminta pendapat mengenai peluang usaha yang baik kepada mereka. Tapi ada sedikit tips disini, tanyalah hanya kepada mereka yang anda lihat memiliki sifat dan pandangan yang positif dan optimis. Hal ini bisa membantu menambah kepercayaan diri anda untuk memulai sesuatu. Jika anda bertanya pada orang yang salah, jangan-jangan semuanya malah bubar :)

2. Lihat trend usaha di lingkungan sekitar
Mulai perhatikan dinamika usaha di sekitar lingkungan anda. Lihat jenis usaha apa saja yang ada, sudah berapa lama mereka menjalankannya, berapa karyawannya, dll. Mulailah belajar menjadi pengamat yang baik. Lihat semua aspek yang terlihat dari mereka. Dengan begini, pelan-pelan sense anda untuk memilih usaha yang sesuai akan terbagun.

3. Kumpulkan informasi tertulis
Main-mainlah ke toko buku. Saat ini ada banyak buku tentang kewirausahaan. Pilihlah salah satu yang sifatnya lebih umum ketika awal anda memulai. Jika nantinya anda sudah bisa menentukan pilihan usaha, baru anda beli buku yang khusus membahas pilihan jenis usaha tersebut. Jangan lupa dengan koran dan tabloid, saat ini beberapa media mengkhususkan diri pada topik ini.

4. Kumpulkan informasi dari internet.
Kalau yang ini sepertinya sudah anda lakukan ya. Buktinya anda sampai ke blog ini :)
Ya, ada banyak informasi di internet. Tapi yang lebih adalah sifat interaksinya, di medium ini selain membaca tulisan, anda juga bisa bertemu langsung dengan orang-orang yang telah berbisnis. Mereka bisa menjadi sumber informasi tambahan untuk anda. Coba main-main ke Yahoo groups, cari komunitas bisnis yang ada disana, jadilah anggota dan serap ilmunya.

5. Ikut serta dalam kursus bisnis
Nah ini yang baru. Kalau dulu kebanyakan kursus bertujuan menambah skill, saat ini sudah ada lembaga yang menawarkan pendidikan kemampuan menjalankan usaha. Beberapa yang saya pantau ada yang menawarkan kursus usaha makanan hingga mengembangkan distro. Saya yakin masih banyak yang lain di luar sana. Carilah yang sesuai dengan minat anda.

Bagaimana? Mudah-mudahan beberapa tips diatas dapat membantu anda menemukan usaha yang tepat.


www.tips-usaha.com

No comments:

Post a Comment