Thursday 5 February 2009

Lima (5) Cara Simple Merawat Rambut Sehat

Pernahkah anda merasa tidak percaya diri dengan penampilan rambut anda??? Well... Perawatan seperti apa yang sebaiknya dilakukan? Sebetulnya sederhana asal Anda bersedia meluangkan waktu dan melakukannya dengan rutin. Berikut kami rangkum beberapa tips simple perawatan rambut yang dapat Anda lakukan kapan saja Anda inginkan...

1. Pola makan menjadi hal paling mendasar dan berpengaruh terhadap kesehatan rambut Anda. Pola makan yang sehat tentu dapat membuat rambut Anda tampak hitam bersinar dan kuat.

Apabila selama ini Anda memanjakan tubuh dengan makanan macam coklat, sebaiknya Anda melakukan diet. Untuk memperoleh rambut yang sehat dan bersinar, Anda harus banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein, seperti ayam, ikan, telur, biji-bijian, dan yoghurt. Selain sangat bermanfaat untuk tubuh, protein juga dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut Anda. Protein juga membuat rambut Anda lebih kuat dan bersinar.

Mengonsumsi buah juga diperlukan untuk membuat rambut Anda lebih sehat dan bersinar karena ada kandungan vitamin A. Bahkan untuk hasil yang lebih sempurna, sebaiknya Anda juga mengonsumsi multivitamin dan mineral, seperti beta-carotene yang dibutuhkan bagi pertumbuhan rambut dan tulang Anda.

2. Setelah Anda melakukan hal di atas, hal selanjutnya yang dilakukan adalah mendandani rambut Anda. Usahakan rambut Anda sedikit dipotong tiap bulan agar kesehatan rambut Anda selalu terjaga. Hal itu tentu wajar mengingat rambut yang terlalu panjang akan menyulitkan dalam perawatannya.

3. Setelah Anda mencoba beberapa perawatan rambut, langkah selanjutnya adalah memperkuat rambut Anda. Selain itu, jika memang tidak terdesak atau tidak penting, lebih baik rambut Anda dibiarkan normal saja tanpa harus didandani.

Biasakan juga Anda menggunakan kondisioner atau spray perlindungan lainnya untuk mendapatkan rambut yang kuat dan melindungi dari panas matahari.

4. Keringkan rambut Anda dengan dryer dari akar hingga ujung rambut. Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi kelembapan rambut Anda. Namun yang perlu diperhatikan jangan terlalu lama memakai pengering karena akan membuat rambut Anda tampak kusam.

5. Cara kuno dengan memberikan kesegaran es pada rambut Anda memang membuat rambut Anda lebih lama bersinar. Namun, cara itu juga memberikan pengaruh negatif karena membuat rambut Anda mudah patah. Jadi, Anda harus mengombinasikan penggunaan metode ini dengan kata lain jangan terlalu sering.

Intinya, rambut yang baik itu harus disertai dengan kerja keras. Jika hal itu telah maksimal Anda lakukan, tentu Anda akan semakin percaya diri dengan penampilan rambut Anda.


www.astaga.com

4 comments: