Sunday 8 February 2009

Kebanyakan Kafein, Bisa Berhalusinasi yang Aneh-aneh Lho...

Menurut penelitian terbaru, meminum kopi terlalu banyak dapat meningkatkan resiko halusinasi secara drastis.

Pria dan wanita sehat yang meminum lebih dari 7 cangkir kopi instan perhari, 3 kali lebih beresiko mendengar atau melihat hal-hal yang sebetulnya tak ada.

Diperkirakan penyebabnya adalah karena kafein menaikkan kadar kortisol, yakni hormon yang mempengaruhi tingkat stress seseorang, demikian lansir Daily Mail.

Peneliti dari Universitas Durham meminta sebanyak 219 mahasiswa untuk mendokumentasikan asupan kadar kafein mereka, dengan asumsi bahwa secangkir kopi instan mengandung 45mg kafein.

Kopi yang dibuat di rumah mengandung dua kali lipat lebih dari jumlah di atas, sementara kopi yang disajikan di kafe seperti Starbucks kandungannya lebih tinggi, kira-kira bisa mencapai 190mg.

Sukarelawan itupun kemudian ditanya seberapa sering mereka menderita halusinasi. Ternyata didapati, peminum kafein kadar tinggi 3 kali lebih mungkin mengalami problem seperti itu daripada mereka yang jarang-jarang minum kopi.

Asupan kafein dalam jumlah besar juga membuat orang berpikir bahwa mereka dapat merasakan kehadiran makhluk halus, demikian lansir jurnal Pertentangan Personaliti dan Individual.

www.astaga.com

No comments:

Post a Comment