Monday, 2 February 2009

Salesperson: di Nyata dan di Maya itu beda


Salesperson sebagai kekuatan perusahaan dalam mempromosikan produknya merupakan pekerjaan dan jabatan yang mampu memberikan jaminan kenaikan jabatan lebih cepat dibanding bidang lainnya seperti keuangan dan produksi. Namun saat ini banyak sarjana muda yang antipati terhadap pekerjaan dibidang tersebut. Kenapa? Entahlah alasan apa. Namun hal ini tidak terjadi di dalam dunia maya, justru pekerjaan ini yang paling dicari banyak pengguna internet. Dengan alasan apa? yang jelas fenomena ini menjadi berbanding terbalik. Tim penjual di Maya lebih booming dibanding dalam dunia nyata.


Anda tau salesperson kan? tentu saja tau dong. Mereka adalah tim promosi milik perusahaan yang lebih dikenal dengan istilah awamnya sebagai salesman dan istilah kerennya dibidang manajemen pemasaran ialah salesperson. Merekalah yang menjadi senjata utama perusahaan dalam mengenalkan suatu produk tertentu milik perusahaan langsung kepada konsumen dan berhadapan dengan konsumen.


Harus kita akui nyawa dalam suatu bisnis saat ini terletak dalam segi pemasarannya. Sehingga perusahaan akan sangat berhati-hati memikirkan promosi seperti apa yang akan melonjakkan tingkat penjualannya. Banyak hal yang dilakukan perusahaan dan salah satu yang dinilai efektif yakni dengan melakukan promosi dalam dua hal. Yakni promosi dengan media satu arah dan media dua arah. Dalam media dua arahpun selain melakukan kerjasama dengan event-event lokal, juga akan melakukan upaya menjadikan salesperson sebagai senjata utama perusahaan dalam memahami kemauan konsumen.


Salesperson ternyata justru memberikan jaminan atas jenjang karir yang bisa meningkat. Hal ini tidak bisa dilakukan oleh divisi lainnya seperti keuangan. Namun mengapa justru para sarjana muda kita menolak pekerjaan ini dengan berbagai alasan.

Benar-benar kontras dengan yang terjadi di dunia maya. Tugas untuk mempromosikan suatu produk ini banyak sekali menjadi incaran para pengguna internet.


Mungkin apa yang dihasilkan oleh salesperson dari dunia nyata tidak sebanding dengan usaha yang mereka lakukan. Mereka harus mengeluarkan tenaga, waktu bahkan pikiran untuk menjalani profesi mereka, bahkan harus ada yang rela dipandang negatif. Namun tidak bagi salesperson dalam dunia maya. Justru orang-orang yang sanggup mengerjakan ini akan dipandang sangat hebat dan mengispirasi bagi mereka.


Ada apakah dengan promosi dan globalisasi? Semua teradang tidak dapat dijabarkan dengan definisi ekonomi. Semoga ada yang mau membantu untuk sekedar sharing, berbagi ilmu, pendapat, dan segala hal yang berkaitan dengan ini? Silahkan saya tunggu di kotak Comment, terima kasih

31 comments:

  1. ayu,
    saya 8 taon lebih jadi sales di dunia nyata..dan saya jalanin dgn enjoy2 aja..
    emang di awal2nya berat..apalagi saya bukan jago ngomong..tapi as learning by doing..semuanya jadi lancar..

    di dunia maya..baru mulai jadi sales..termasuk promosi blog saya ini ke kamu..hehehe

    ReplyDelete
  2. menurut aku sales dunia nyata akan lebih menyenangkan. walau tak tahu keduanya :)

    ReplyDelete
  3. @lafa:nih koment disini laf harusnya :P iya laf,dari segi waktu haruskta pikirin lagi tuh,bener kok :)
    @budi:wah hebat mas, anda harus menginspirasi sarjana kita nih biar nggak mikir negatif ke sales :)
    @didiet:makasih ya mas,ntar aku kunjung balik :)
    @zener:enakan maya mas, katanya sih :P:P

    ReplyDelete
  4. kalo aku lihat yang jadi real sales haruslah tahan banting, contohnya sales yang datang kerumah-rumah di komplek menawarkan vacuum cleaner. banyak orang yang nolak tapi tetef aja dia bolak-balik ke komplek itu lagi.

    ReplyDelete
  5. Banyak orang meremehkan profesi sales. Padahal mereka semua adalah ujung tombak dari sebuah perusahaan.

    Saya malah pernah mendengar, kalau di luar negeri ada club khusus salesman and salesgirl bernama round million dollar table. Klub ini ekslusif sekali karena anggotanya adalah para sales yg berpenghasila jutaan dollar pertahunnya.

    Jadi disana profesi apapun (termasuk sales benar2 dihargai).

    Salam Kenal,
    ARIEF MAULANA.com - Support Your Success for a Better Life

    AFILIASI 100 PERSEN - Satu-satunya Bisnis Affiliate Marketing dengan Komisi 100% di Indonesia

    ReplyDelete
  6. @risti:salut sebenernya buat mereka, dibandingin ama penipu, dia lebih mulia dan jujur dalam mencari uang ;)
    @blog motivasi arief:iya bang arief, di indonesia memang sales manager jabatan yang banyak duitnya lho hehe, dan tentu saja mereka yang berkompeten :)

    ReplyDelete
  7. Huh...kayak nya aku belum termasuk temanmu ...ya

    ReplyDelete
  8. permintaan maaf buat semua teman yang berkunjung, akupastikan akan membalas kunjungan setelah bebanku agak berkurang :( maaf aku masih urus skripsi :(:(

    ReplyDelete
  9. Salam kenal. Tomi , Solo..

    Met Weekend semuanya :D

    ReplyDelete
  10. met wiken aja skalian nmpag baca lam knal.....

    ReplyDelete
  11. arek malang yo.. salam kenal.. aremania :D

    ReplyDelete
  12. yoa.......... q pasang link y.... di tunggi link balik,,,,

    ReplyDelete
  13. Nice info nh.. next post bahas kiat-kiatnya jadi Salesperson di dunia maya ya mba Ayu..

    ReplyDelete
  14. ponorogo aman terkendali mbak..wisata tlaga ngebel soyo rame...pean gak pngn dolan mrene....hehehee

    ReplyDelete
  15. banyak orang justru tdk mau menikmati ketika proses itu harus berjalan. pingnnya instan

    ReplyDelete