Sunday, 22 February 2009

Sukses itu hanyalah proses, proses, dan proses


Semua orang tahu bahwa semua manusia lahir di dunia ini tidak langsung dalam wujudnya sebagai manusia dewasa, namun harus dengan melalui beberapa tahap dan proses. Semua manusia harus terlebih dahulu menjadi bayi, tak terkecuali seorang nabi. Begitu pula kesuksesan, dalam setiap kesuksesan juga membutuhkan tahap sama seperti seorang bayi bertumbuh menjadi manusia dewasa.

Semua kesuksesan butuh menjadi nol terlebih dahulu sebelum besar. Setiap tujuan harus memiliki rencana dari sejak awal. Dan setiap perjalanan dalam sebuah kesuksesan harus selalu ada proses, proses, dan proses.


Hidup adalah proses, pernahkah anda merasakan anda berumur 20 tahun tanpa melewati umur 15 tahun? Jika iya, itu mungkin hanya imajinasi anda saja. Semua orang pastinya akan menjawab tidak pernah. Karena hidup adalah proses, maka segala sesuatu yang terkait dengan tujuan hidup anda juga merupakan proses. Tidak ada keajaiban yang datang terus menerus tiap detik ke detik. Semua butuh usaha, pengorbanan, dan kemauan.

Tidak ada sesuatu yang instan, sekalipun itu mie instant, anda butuh proses untuk memasaknya dulu bukan??? Begitu pula dengan semua yang anda lakukan dan cita-citakan. Semua butuh proses dan pematangan untuk menjadikannya sesuai mau anda. Sukses instan dapat anda dapatkan, namun pastikan semuanya akan tahan lama atau tidak. Ukuran kesuksesan anda adalah dalam diri anda, sekalipun orang menamakan anda biasa saja, namun menurut anda, anda telah melampaui target kepuasan diri anda maka itulah kesuksesan anda. Itulah sebabnya banyak orang yang tak ambil pusing memperkaya diri dan meningkatkan materi, karena untuk hidup saja ia telah merasa cukup. Berarti batas kepuasan diri mereka telah terlampaui

Bisnis juga membutuhkan proses. Banyak anda lihat pelaku bisnis menjalankan bisnisnya secara instan, sekejap, dan … hampa. Anda tahu apa itu hampa? Hampa adalah kosong, bisnis yang hampa adalah bisnis kosong tanpa nyawa. Kita manusia harus memiliki nyawa dalam hidup, begitu pula bisnis. Ketika anda melakukan bisnis yang instan dan sekejap kaya, rasakan dalam hati kecil anda bahwa bisnis anda adalah hampa, tanpa nyawa. Karena sesala sesuatu yang bernyawa, selalu menjalani apa itu namanya proses. Anda butuh belajar, karena segala sesuatu tidak langsung besar. Anda harus gagal, karena tanpa gagal maka tak ada sukses. Anda harus fokus dan konsentrasi, karena uang adalah masa depan anda.

Baca dalam semua biografi orang sukses, apakah anda menemukan orang sukses yang tidak menjalani batuh bangun dalam prosesnya menjalani kesuksesan? Dengan psikobisnis, belajarlah berbisnis dengan hati. Bukan hanya kekuatan kerja keras yang akan membawa anda pada profit sebesar-besarnya, namun jiwa anda juga akan mengantarkan anda pada sukses yang bernyawa, bukan sukses hampa yang banyak dilakukan pebisnis-pebisnis gagal. Karena kesuksesan tidak semata tolak ukur kita, tapi tolak ukur hati kita juga.

14 comments:

  1. benar sekali,..butuh sebuah proses dalam kesuksesan ,.sementara kesuksesan itu hanya fase dari kesuksesan lain,..!!

    ReplyDelete
  2. Memang Sukes Hanya Sebuah Proses namun didalam Proses harus Ada Semangat, jika dalam Proses tidak Semangat Mustahil Akan Sukses..

    ReplyDelete
  3. apa yang menjadi barometer bahwa seseorang bisa dibilang sudah sukses? kesuksesan sejati adalah manakala keberadaan kita dianggap begitu berarti bagi banyak orang.

    artikel yang menarik.

    ReplyDelete
  4. @Brigadista:supersukses merupakan fase kesuksesan lain? :)
    @AGUS:bener bro harus ada semangat dan kegigihan :)
    @Risti:kita pandang general mas :)
    @ilham maulana:selalu buth mas :)

    ReplyDelete
  5. sukses bisa terasa manisnya kalo pernah ngerasain pahit.. terasa bahagianya kalo pernah ngerasain sedih n kecewa...

    kalo nggak ada perbandingannya, semua terasa datar aja... justru jatuh bangun itu yg bikin asik dan bersemangat...

    ReplyDelete
  6. sukses emang butuh perjuangan dan pengorbanan.tapi pada hakikatnya kita diciptakan sebagai orang sukses bukan sebagai pecundang :)

    ReplyDelete
  7. @tyas: wah mbak tyas comentnya sip banget nih, bener banget :)
    @mastory: iya mas, sukses untuk yang mau berjuang saja, bukan pecundang :)
    @kampanye: terima kasih :)

    ReplyDelete
  8. Benar juga mba.. sering kita ingin langsung mendapatkan apa yang kita inginkan tanpa melalui proses.. padahal proses itu tidak dapat diloncati.
    TFS fren :)

    ReplyDelete
  9. bener kali tuch mba...memang segalanya harus melalui proses tidak langsung jadi begitu aja, :)

    ReplyDelete
  10. that's right, semua melalui suatu proses, sukses apa yg kt inginkan? apakah hanya sukses di dunia or juga di akhirat....to mencapainya hrus berusaha and tentunya pst ada batu terjal, ga kan mulus...

    ReplyDelete