Thursday 27 August 2009

Umur Berapa Seharusnya Si Kecil Boleh Pegang Handphone

Harga ponsel yang makin terjangkau dengan beragam tipe dan model membuat banyak orang tua membelikan buah hati mereka ponsel. Tak mengherankan jika obrolan bocah-bocah cilik tak kalah canggih soal teknologi ponsel dengan orang tuanya.

Saat ini, anak-anak usia bangku SD yang memakai ponsel sudah menjadi pemandangan biasa. Bahkan, banyak anak usia 8 tahun, atau lebih muda lagi, sudah mulai merengek minta dibelikan ponsel. Sebenarnya berapa usia ideal anak untuk memakai ponsel?

Tak bisa dipungkiri, dunia teknologi juga merambah anak-anak. Mulai dari laptop, alat pemutar musik, hingga ponsel. Tapi, apakah wajar bagi anak usia di bawah 8 tahun menggunakan ponsel? Sebetulnya, belum perlu, karena anak usia 8 tahun butuh bersosialisasi dengan anak sebayanya. Bermain di taman, bersepeda, dan beragam aktivitas di luar rumah.

Anak memiliki ponsel memang baik untuk keadaan darurat, misalnya saat Anda terlambat menjemput atau si kecil tiba-tiba sakit di sekolah. Karena itu, ada baiknya bagi anak usia 8 tahun memiliki ponsel dengan tipe standar, yaitu hanya untuk menelepon dan menerima telepon. Dan, pastikan si kecil memakai telepon hanya di luar rumah, misalnya di sekolah, atau rumah teman.

Nah, bagi anak yang berusia lebih tua, misalnya 12 tahun ke atas, mereka biasanya lebih mandiri dan banyak kegiatan. Tampaknya, ponsel cukup dibutuhkan untuk keamana, sehingga Anda bisa mengawasi, dan lebih mudah menghubunginya.

Tapi, yang perlu Anda sadari, berapa pun usia anak Anda, pastikan dia juga memiliki tanggung jawab untuk bisa dihubungi atau memberikan kabar. Berikan pengertian pada buah hati Anda, bahwa ponsel itu adalah kepercayaan yang diberikan padanya. Dengan begitu si kecil bisa lebih memahami makna ponsel yang diberikan untuknya.

www.vivanews.com

1 comment:

  1. anak SD jaman sekarang klo belum di pegangin HP bakal ngamuk... gamw masuk sekolah :(

    perkembanga teknologi boleh maju,, tapi klo dampaknya buruk cukup di sayangkan juga ya :)

    ReplyDelete