Tuesday 2 June 2009

Ibu-ibu Justru Jarang Kena Gangguan Makan Lho

Perempuan memiliki lebih sedikit gangguan makan setelah memiliki anak dibandingkan dengan teman sebaya mereka yang tak mempunyai anak. Kebanyakan karena mereka berhenti minum-minuman beralkohol dan berhenti berperilaku semau sendiri, demikian temuan baru dari Norwegia.

Temuan itu mungkin menyimpan kebenaran bagi perempuan yang tinggal di negara dengan sistem yang kurang ramah untuk mendukung orang tua yang memiliki anak kecil, kata Tilman von Soest dari Norwegian Social Research di Oslo dan Dr. Lars Wichstrom dari Norwegian University of Science and Technology di Trondheim, penulis studi tersebut.

Di lingkungan yang kurang mendukung, banyak orang tua terbuka pada lebih banyak tekanan, seperti, kondisi psikologis dan keuangan.
Kondisi terbuka terhadap tekanan semacam itu mungkin menangkal pengaruh positif dari perubahan gaya hidup ketika menjadi ibu.

Seorang peneliti menelusuri 1.206 perempuan yang mulanya tak memiliki anak selama enam tahun guna menentukan apakah menjadi ibu memiliki pengaruh pada pola makan.

Perempuan memang memperlihatkan lebih sedikit gangguan makan setelah mempunyai anak, yang menurut para peneliti disebabkan oleh pengurangan perilaku yang hanya berdasarkan keinginan sendiri dan penurunan penggunaan alkohol. Namun, meskipun perempuan yang tak mempunyai anak memperlihatkan kepuasan yang meningkat dengan penampilan mereka, perempuan yang menjadi ibu tidak memperlihatkan gejala itu.

Berdasarkan temuan tersebut, von Soest mengatakan mungkin saja pengurangan penggunaan alkohol dan tindakan lain untuk menciptakan gaya hidup yang lebih stabil dapat membantunya untuk mengatasi gangguan makan.


www.kapanlagi.com

1 comment: