Wednesday 24 June 2009

Ngilangin suntuk???

Anda mulai merasa suntuk dengan semua rutinitas hidup? Jangan biarkan rutinitas itu menjajah Anda, lakukanlah sesuatu yang beda untuk mewarnai hidup sekaligus meningkatkan otak dan kemampuan Anda. Ubah mood jelek Anda saat ini juga.

Ada beberapa hal kecil yang bisa Anda lakukan untuk merubah rutinitas hidup yang membosankan.

1. Ganti tangan
Gunakan bagian tangan Anda yang tidak dominan untuk melakukan kegiatan sehari-hari seperti menyikat gigi atau mengklik mouse di komputer.

Perubahan kecil ini akan mengaktifkan dan mengembangkan saraf-saraf di otak yang akan mempertajam memori dan juga mendobrak rutinitas sehari-hari. "Hal ini akan memberi kesempatan pada setiap bagian sel di otak untuk tetap bekerja dan tetap hidup," ujar MJ Ryan, pengarang buku How to Survive Change You Didn’t Ask For.

2. Gunakan perasaan
Cobalah mengenakan baju dengan mata tertutup, makan malam tanpa melakukan komunikasi, tanpa percakapan atau kata-kata, dan aktivitas lainnya tanpa menggunakan panca indera Anda.

Dengan melakukan sesuatu di luar kebiasaan dan menggunakan perasaan, Anda akan menciptakan lebih banyak saraf di otak dan akan menjadi lebih kreatif.

3. Coba hal baru
Tidak perlu melakukan sesuatu yang besar dan rumit. Mengikuti kelas dansa, mencoba resep baru atau melakukan olahraga yang belum pernah dicoba bisa menjadi hal-hal yang menarik.

Berpikirlah bahwa Anda bisa melakukannya. Ketika Anda mencoba sutu keahlian baru, otak Anda akan membangun sebuah sirkuit baru dalam sistemnya. Anggap saja sebagai latihan otak.

Bagaimana cara Anda memandang sesuatu dapat merubah segalanya. Cobalah melihat segala sesuatunya dari sisi cerahnya dibanding sisi gelapnya.

Sebagai contoh, jika Anda kehujanan, daripada stres karena basah kuyup, pikirkanlah segi positifnya, kebun Anda akan mendapat siraman air gratis dan Anda tidak perlu repot-repot menyiramnya.

Seseorang yang melihat segala sesuatunya dengan lebih optimistis akan dapat melalui segala rintangan hidup. Percayalah.....

sumber: www.detik.com

No comments:

Post a Comment