Cara Mengusir Rayap yang mengganggu

Jika tanda-tanda serangan rayap mulai muncul, seperti adanya butir-butir halus berwarna putih dari bagian kayu bangunan yang keropos, tindakan harus segera diambil. Kalau tidak, serangga bersayap ini bisa membuat kerusakan yang lebih parah.

Jenis-jenis rayap yang sering ditemui adalah rayap kayu kering (bermukim di material kayu terutama di tempat dengan udara hangat dan iklim lembab), rayap tanah (bersarang di tanah dengan kandungan liat tinggi, dan tidak berpasir).

Membasmi rayap tidak dapat dilakukan dengan membunuh rayap-rayap yang ada di permukaan saja. Anda juga harus membasmi rayap dari koloninya.Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk ini, antara lain:

- Penyemprotan. Bagian bangunan yang menunjukkan gejala serangan rayap disemprot dengan termisida. Cara ini akan membasmi rayap yang bersarang di kayu.

Akan tetapi penyemprotan ini hanya membasmi rayap yang berada di kayu saja. Yang bersarang di tanah tetap aman. Cara ini perlu dikombinasikan dengan injeksi termisida ke dalam tanah di sepanjang fondasi bangunan.

- Pengumpan teknologi sentricon. Metode pengendalian ini lebih ramah lingkungan, karena langsung menyerang rayap dan koloninya. Pengumpan sentricon ini terdiri dari dua buah alat.Pertama sebuah pengumpan yang diletakkan di dinding atau kusen yang menjadi jalur rayap. Yang kedua, berupa detector rayap yang ditanam di tanah.

Pada kedua alat itu terdapat semacam tisu yang menjadi makanan rayap. Tisu ini mengandung heksaflumuron, yaitu enzim hormone yang menekan metabolisme pertumbuhan rayap, dan akhirnya membunuh rayap tersebut.

Setelah alat dipasang, rayap akan datang, memakan, dan mendistribusikan tisu ini ke seluruh koloni. Pada akhirnya koloni rayap akan teracuni. Termasuk yang berada di dalam tanah. Dalam waktu 8 minggu, koloni rayap akan mati.

www.vivanews.com

11 comments:

  1. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    ReplyDelete
  3. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    ReplyDelete
  4. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    ReplyDelete
  5. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  6. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  7. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    ReplyDelete
  8. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  9. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    ReplyDelete
  10. dimana dapetnya, caranya gimana tuh ?
    mohon petunjuk
    trims

    ReplyDelete