Sunday 10 March 2013

Memories


Hari ini sekeluarga ngumpul di rumah. Minggu pagi yang diawali dengan serentetan pertanyaan Papa tentang Megapro-nya adik yang dirombak total jadi semacam motor batman hayalan khas lelaki, sok2 superhero, hahaha. Papa barusan seminggu ngisi training di Unilever Cikarang, dan tiba-tiba disuguhi tingkah polah adik lelaki ini, cuma bisa geleng-geleng kepala aja.Nggak ada oleh-oleh spesial tiap ke Jakarta, karena emang nggak ada yang spesial dari sana. Nggak kayak pas Papa dinas ke luar Jawa. Yang sering dibawa sih khasnya sana, terutama kain batik khas Lombok, kalimantan, sulawesi. Perak-perak khas lombok, ikan cakalang khas manado, kepiting jumbo khas kalimantan, hmm, jadi kangen oleh-oleh khas luar jawa nich.

Kalo Jakarta yang dikangenin sih sarapan nasi uduk depan kost-an Slipi, tiap hari makan menu nasi uduk sih nggak ada bosennya, simple tapi ngangenin. Mana ada di Jawa kayak ginian. Malem-malem ngumpul di kost-an Tangerang sambil maem Tahu gejrot. Kelayapan bareng temen sekamar di Mall-mall jakarta kaya orang udik, haha. Libur natal diisi buat muterin Jakarta naik bis Trans sama pacar, plus ngotot foto di depan bundaran HI dengan sok2 idealis layaknya mahasiswa demo. Kangen gorengan khas sukabumi.


Kangen bikin event bareng klub motor Beat-Vario seJakbar. Kangen ponakanku yang lucu-lucu disana. Kangen liburannya tim marketing supra motor ke kebun strawberry ma Cibodas curug (baca: air terjun) Bogor. Kangen ngrumpi ma sales-sales yang cantik-cantik tapi lugu (kapan ya bisa secantik orang Sunda, haha). Kangen ma Bapak kepala cabang yang ngasih banyak ilmu terutama rendah hatinya (Beruntung ya bisa belajar sama pak Sien Cung, Kacab termuda, plus lebih ganteng Kepala cabang Sukabumi, haha). Kangen diajak ngomong Sunda trus pada ketawa pas aku bengong ngga ngerti artinya, dasar anak buah ngelunjak, berasa bego aku disana, tapi ngangenin mereka. Meski cuma dua minggu, meski aku ngotot ngga mau belajar bahasa Sunda, tapi pada mau aja kusuruh ngangkatin koper pas pindahan, dan masih suka ngabarin pas aku udah nggak disana. Kangen dimarah2in bu Kapus pas penjualan hari itu nggak target, haha. Kangen jalan-jalan di Sukabumi pas malam hari, suasana masyarakatnya adem, kayak di Jogja. Kangen pas muter-muter ke stasiun radio Cikarang buat nge-Goal-in format iklan buat dealer cikarangku, setelah namanya buruk dimasukin preman-preman Cikarang. Sumpah, ngeri kalo ngadepin mereka, tampangnya item-item, pake jaket kulit, untunglah masih di backing ma tim busernya cabang Karawang.

Yang keinget banget pas malam review bulanan ke kantor pusat Jakpus. Dilema antara hubungin temen di Slipi buat numpang tidur, tapi akhirnya nekat balik ke Tangerang, dapet bis kota tapi aku salah jurusan malah jadinya nyasar, malem-malem di Serpong kaya orang ilang, trus nekat naik angkot, nyaris dibawa sopir angkot, kalau nggak ikut turun sama penumpang lain, nelponin sales2ku, dengan suara melas, dijemput mereka di bawah jembatan perumahan taman Cibodas. Sumpah ngeri banget, tapi remember Mama say "Apapun, dimanapun, doa mama selalu menyertaimu, yakinlah Allah selalu menolong dimanapun kita berada".

Derita kerja jadi Management Trainee di masa lalu bikin kulit jadi gosong plus Melar plus rindu jalan2 kayak dulu lagi. Tuntutan kerja yang harus siap dipindah dari satu kota ke kota lainnya bisa dalam hitungan hari, harus lebih supel dan humble, karena menyandang jabatan MT itu banyak musuhnya. Dianggap sok2 ngatur dan bla bla bla. Tapi enaknya, jadi first Lady di kantor, karena jadi semacam kaki tangannya pak Kacab.
Padahal mana mereka tahu, buat survive di kelas teori itu nggak gampang, dapet ancaman dipulangin ke kota asal bikin kita mati-matian belajar sampe malem,ngapalin teori akunting,marketing, finance dan bla bla bla. Nilai ujian harus diatas 90. Dari satu angkatan dengan 15 anak, 2 anak sukses terdepak kembali ke asal, balik bandung dan semarang, jadi sisa 13 lainnya sukses lolos kelas teori dan sambung ke OJT, dipencar ke kota-kota lain. Beruntungnya aku masih di seputaran Jawa barat. Tangerang, sukabumi, bogor, jampang kulon, Karawang, cikarang, dan berakhir dengan frustasi khas freshgraduates (baca: mahasiswa baru ketrima kerja) pas diancam dibuang ke lombok, bikin aku mikir ulang ngabisin kontrak MT.

Setidaknya ada banyak hal didapet dulu. Jadi cewek itu:
1. Harus mandiri dan survive di mana-mana, harus bisa mengatasi apapun sendiri kecuali terpaksa
2. Be a humble person (bahkan sama karyawan paling rendah sekalipun, karena jabatan itu cuma semacam predikat, bisa hilang atau melekat tergantung kita)
3. Jangan pernah percaya mulut lelaki, semuanya teman, rayuan dan godaan itu gombal, lebih percaya tindakan ketimbang omongan
4. Kodrat wanita itu mendampingi, tapi bukan berarti lemah dan ngalem, manja itu ngegemesin tapi ngalem itu njengkelin, haha. So, Be strong Ladies ;)
5. Dimanapun kita berada, sebaik apapun yang kita lakukan, tetep ada yang nggak suka dengan kita. Bukan dia nggak suka kita, tapi mereka membenci orang baik, sekalipun begitu tetap berbaiklah ke mereka. Karena kadang ada orang jahat tertentu yang patut dihindari, bukan kita membenci mereka, tapi meminimalisir aura negatif mereka masuk ke kita, aura negatif itu bahaya banget buat masa depan, efeknya bisa bikin penyakit hati (iri,dengki,benci,ucapan kasar). Sebisa mungkin mendekatlah pada yang baik-baik (positif), supaya hidup kita juga positif :)

Hari ini, senyum-senyum sendiri ngumpulin puzzle memory. Live is an adventure :)


Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT






No comments:

Post a Comment