Monday, 14 September 2009

Gejala Penyakit yang Tidak Boleh Anda Sepelekan

Tak ada yang dapat menghindar dari rasa sakit, entah akibat cuaca, akibat benturan, atau alasan lain. Terkadang Anda menganggap semua hal tersebut adalah suatu hal yang enteng dan digampangkan, sampai-sampai pada saat Anda tahu bahwa rasa sakit tersebut semakin parah, Anda sudah terlambat untuk mencegahnya.

Jangan sepelekan rasa sakit yang Anda rasakan, selalu waspada terhadap gejala-gejala penyakit ringan yang Anda alami di keseharian Anda, seperti:

1. Sakit Kepala

Rasa sakit kepala yang berdenyut-denyut, migrain dan serasa dipukul dengan palu sering dialami oleh wanita. Entah karena PMS, terlalu lama berada di bawah sinar matahari, atau muncul secara tiba-tiba.

Jangan remehkan rasa sakit ini, apalagi jika sakit kepala Anda seringkali muncul tiba-tiba dengan frekwensi yang bisa dibilang cukup sering. Cek kondisi Anda ke dokter, pastikan Anda menghirup oksigen cukup.
2. Sakit gigi

Rasa ngilu pada gigi membuat Anda tak bisa tidur, kehilangan nafsu makan, resah gelisah, dan rasa sakitnya membuat Anda menangis.

Jangan biarkan rasa sakit ini berlanjut. Dan pastikan Anda tak sembarangan mengonsumsi obat rumahan. Minum air hangat agar rasa sakitnya berkurang dan kunjungi dokter jika rasa sakitnya semakin terasa.

3. Tertusuk benda tajam

Saat kulit Anda terluka, tergores atau tersayat benda tajam jangan abaikan lukanya. Pastikan luka dalam keadaan steril, ambil alkohol atau kompres dengan desinfektan, apalagi jika benda yang menusuk atau menyayat Anda berkarat.

Kuman atau bakteri jahat yang ada di dalam benda yang menyayat Anda bisa saja berbahaya, dan membuat tubuh Anda infeksi. Oleh karena itu pertolongan pertama yang harus Anda lakukan adalah mensterilkan lukanya, membersihkan darah dan menghentikan darah yang keluar dari luka.
4. Luka Lecet atau tergesek

Entah karena high heels baru yang Anda kenakan, korset yang membuat perut Anda terlihat lebih ramping atau aksesoris lain yang malah menimbulkan luka pada tubuh Anda. Jangan biarkan begitu saja lukanya. Ingat, kulit Anda dalam keadaan terbuka dan virus atau bakteri dengan mudah masuk ke dalam tubuh Anda.

Anda perlu membuat luka tersebut steril dan segera tutup dengan perban atau plester. Pastikan luka selalu dalam keadaan kering dan jangan biarkan basah terkena air.

5. Gas di dalam perut

Jika di dalam perut Anda terdapat gas yang tak kunjung keluar dalam beberapa hari, dan ternyata memang tak keluar hmmmm... sebaiknya segera bawa ketidaknyamanan ini ke dokter. Waspada akan kanker rahim yang bisa saja mengancam Anda. Mungkin memang kesannya terlalu seram dan melebih-lebihkan, namun tak ada salahnya tetap waspada dan menghindar dari ancaman bahaya penyakit mematikan.
6. Sakit pada punggung dan bahu

Rasa lelah akibat bekerja bisa saja menyebabkan rasa sakit pada bahu dan punggung Anda, namun jika hal ini terjadi lebih dari 3 hari, tak ada salahnya memeriksakannya ke dokter.

Minta dokter mengecek tulang punggung Anda, apakah ada yang tidak beres dengan keadaan tulang Anda? Atau mungkin ada otot yang tidak pada tempatnya dan cedera.

7. Sakit pada bagian kaki Anda disertai nyeri berkepanjangan

Bisa jadi otot yang tidak beres, atau ada penyumbatan pada pembuluh darah Anda. Pemanasan di pagi hari saat akan beraktivitas pada umumnya sangat membantu. Namun jika pemanasan sudah dilakukan dan ternyata masih sakit, pastikan dokter memeriksanya.

Sekecil apapun gejala yang Anda rasakan, dan tak hilang dalam waktu yang cukup lama, segera ambil tindakan dan kunjungi dokter. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

www.kapanlagi.com

5 comments:

  1. Kalo kram dikaki itu gmn ya caranya penanggulangan pertamany sebelum dibawa kedokter,itukan juga termasuk harus tidak disepelekan...............Makasih bgt infonya...

    ReplyDelete
  2. memang jangan sepelekan sakit itu walaupun kecil karena bisa jadi kalau dibiarkan akan menjadi besar...jaga kesehatan sebelum sakit..

    ReplyDelete
  3. mantab artikelnya, terima kasih atas infonya

    ReplyDelete