Wednesday, 15 April 2009

Pasang Kode Tukar Link dan Banner

Untuk membuat kode tukeran link, kebanyakan para blogger menggunakan banner yang berukuran kecil atau di sebut juga dengan chiklet sebagai ciri khas dari blog masing-masing. Maka dari itu, saya akan mencoba mengulas pembahasan ini bermula dari pembuatan chiklet nya.

Untuk membuat sebuah chiklet, sobat bisa menggunakan berbagai software grafik & design semacam photoshop, corel, atau lain sebagainya. Tak hanya sebatas chiklet yang berupa gambar diam, sebuah animasi pun bisa di jadikan chiklet tukeran link, tentunya ini terserah kepada keahlian masing-masing dalam hal membuat chiklet.

Jika anda menginginkan membuat banner tukar link sesuai keinginan anda, anda bisa mengedit melalui photoshop maupun flash. Selanjutnya silakan meng upload file banner anda tadi ke hosting untuk menyimpan gambar, boleh di blogger atau di hosting lain seperti http://www.photobucket.com, namun anda harus membuat akun baru disana.

langkah selanjuatnya adalah mengambil kode link dari alamat gambar tadi, contoh kodenya seperti ini :



banner lotuz



Nah itu tadi merupakan contoh link untuk membuat link ke blog ini, untuk ngelink ke blog sobat ya tinggal sesuaikan saja.

Apabila kode link sudah ada, langkah selanjutnya adalah membuat text area untuk menampung seluruh kode agar nanti bisa di copy oleh pengunjung yang mau nge link ke blog anda, kodenya seperti ini :



Beberapa langkah sudah di lewati, langkah selanjutnya adalah merangkaikan kode-kode tadi, misalkan kode tukeran link ingin di bawah gambar banner agar tampak lebih menarik, kodenya kira-kira seperti ini :

Tukeran link Yuk





All About Hobbies





Hasilnya akan tampak seperti pada sidebar sebelah kanan anda. Untuk mengatur lebar serta tinggi dari text area, anda tinggal mengganti nilai dari rows serta cols saja.

5 comments:

  1. Bagus banget ,nah tambah lagi deh wawasanku tentang blog.


    salam sehat dan tambah tinggi
    bungbonafit

    ReplyDelete
  2. bagus infonya,kunjungan balik pasang bannerku yah..

    ReplyDelete